02
MAR
2018

KAMABIGUS GERAKAN PRAMUKA MAN KALIBEBER WONOSOBO MELANTIK SEMBILAN PENEGAK LAKSANA

Wonosobo – Gugus depan Gerakan Pramuka MAN Kalibeber kembali dapat mengantarkan kader-kader pramuka terbaiknya mencapai tingkat Kecakapan Umum Penegak Laksana. Mereka di daulat menjadi penegak laksana setelah menjalani serangkaian seleksi kecakapan yang diadakan Kwarcab Kabupaten Wonosobo beberapa waktu yang lalu. Dari proses itu memunculkan sembilan nama yang dilantik oleh kepala madrasah sebagai Penegak Laksana MAN Kalibeber Wonosobo Masa Bhakti 2016/2017.

Sembilan orang Penegak Laksana yang dilantik adalah Bima Irsa Anantawibawa (kelas XII Mia 2), Ahmad Kevin (kelas XII Mia 3), A. Muadib (kelas XII mia 4), Arifan (kelas XII IIS 3), Ahmad Sabar( kelas XI IKA 2), Malikul Huda (kelas XI IKA 2), Agus Triyono (kelas XI IIS 3), M. Ulinnuha (kelas XI IIS 3), serta Bramu Nur Zakian (kelas XI Mia 2). Hal itu menjadi sangat spesial, mengingan selama dua decade baru kali ini siswa MAN Kalibeber kembali dilantik sebagai Penegak Laksana. Terlebih dengan jumlah sembilan Penegak Laksana yang dilantik menjadi kebanggan tersendiri.

“Berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 198 Tahun 2011 tentang petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk mencapai Penegak Laksana, maka penegak Bantara harus memenuhi 2/3 dari SKU Laksana dan 1/3 SKU melakukan pengembaraan selama tiga hari berturut-turut. Sebelum melakukan pengembaraan para calon Penegak Laksana, dengan rekomendasi dari Dewan Pembina Gugus Depan berkonsolidasi dengan Dewan Pembina Kwarcab Wonosobo”. Tutur Eko Sadu Harsono ketika memberi pengantar pada pelantikan tersebut.

Ketua Dewan Pembina Gerakan MAN Kalibeber ini juga menambahkan bahwa hasil pengarahan dari Kwarcab Wonosobo, pengembaraan meliputi Sembilan kecamatan di wilayah kabupaten Wonosobo dibagi menjadi tiga kelompok pengembaraan yang masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang anggota calon penegak Laksana dengan rute yang berbeda. Berbekal Surat Jaminan Perjalanan dari Kwarcab Kabupaten Wonosobo, pada tanggal 1 Januari 2017 para calon penegak Laksana tersebut memulai pengembaraan mereka dan berakhir sampai tanggal 3 Januari 2017.

Pelantikan kesembilan orang Penegak Laksana tersebut dilaksanakan tanggal 6 Pebruari 2017 di lapangan Upacara MAN Kalibeber Wonosobo. Prihantoro Achmad selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Gerakan Pramuka MAN Kalibeber bertindak sebagai pembina Apel sekaligus yang melantik. Sebelum melantik, Kamabigus menyampaikan pesan kepada sembilan Penegak Laksana sebagai bekal bagi mereka supaya mampu mengemban amanah dengan baik.

“Adik-adik penegak terlantik harus membaca dan memahami Kepres RI Nomor 238 tahun 1961 yang merupakan landasan hukum bagi Gerakan Pramuka, membaca dan memahami isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART) Gerakan Pramuka tahun 2009. Selain itu adik-adik dapat melaksanakan tugas pokok Kepramukaan. Pungkas Prihantoro Achmad penuh harap kepada sembilan Penegak Laksana itu.

Usai menyematkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Laksana, Dia menyampaikan harapannya agar pelantikan Penegak Laksana tersebut dapat menjadi inspirasi bagi semua peserta didik MAN Kalibeber Wonosobo. bahwasanya untuk mencapai sesuatu diperlukan perjuangan yang sungguh-sungguh. Perjuangan tersebut membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, biaya dan juga mental. Di akhir pidato dia juga menyampaikan pesan untuk peserta didik kelas XII yang sebentar lagi harus melalui serangkaian ujian untuk mencapai kelulusan, agar belajar dengan lebih tekun dan bersikap tawaddu’ (rendah hati) pada guru agar ilmu yang dipeoleh bermanfaat.

Padamu Negeri kami berjanji, padamu negeri kami berbakti, padamu negeri kami mengabdi, bagimu negeri jiwa raga kami, alunan lagu Padamu Negeri mengakhiri acara pelantikan. Selamat kepada para Penegak Laksana Gerakan Pramuka Gugus Depan 07.11.49/50 Ma Negeri Kalibeber Wonosobo Masa Bhakti 2016/2017 semoga menjadi generasi muda yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik.

 

000O000

Reporter : Tim Jurnalistik Gre

 

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *