19
MEI
2018

68 Siswa diterima di PTN dan PTAIN

Wonosobo – Hasil seleksi naional masuk perguruan tinggi telah diumumkan. Sebanyak 68 siswa MAN 2 Wonosobo dinyatakan diterima di berbagai PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) di Indonesia. PTN dan PTAIN tersebut antara lain IPB Bogor, Unsoed Purwokerto, Unnes Semarang, Untid Magelang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, IAIN Salatiga, IAIN Purwokerto dan IAIN Surakarta.

Mereka masuk ke PTN dan PTN terseubut melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SPAN PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan Jalur Undangan Khusus (IPB Bogor dan IAIN Salatiga). Ketiga jalur tersebut adalah seleksi masuk tanpa tes yang hanya menggunakan pemberkasan dari prestasi peserta didik selama semester 1-5. Dari ketiga jalur tersebut SNMPTN (11 siswa), SPAN PTKIN (31 siswa) dan Jalur Undangan Khusus (26 siswa).

Secara keseluruhan jumlah siswa diterima di PTN maupun PTAIN untuk tahun ini meningkat secara signifikan. Untuk tahun lalu saja (2016/2017) dari jalur SNMPTN hanya (3 siswa), SPAN PTKIN (9 siswa) dan Jalur Undangan Khusus (14 siswa). Kenaikan tersebut disebabkan karena bererapa hal, seperti akreditasi madrasah yg tahun ini “A”, adanya jalur beasiswa prestasi akademik yang tahun ini meluluskan untuk yang pertama kalinya dan tentu minat siswa yang semakin meningngkat untuk melanjutkan ke PTN maupun PTAIN.

Yun’am Arif, wakil kepala bidang kesiswaan mengucapkan rasa syukur dan bangganya. “Alhamdulillah untuk tahun ini meningkat, hal ini tak lepas dari akreditasi madrasah yang sekarang sudah “A”, semoga ke depan lebih baik lagi,” ungkapnya. Selain itu Yun’am mengungkapkan bahwa dari 68 siswa ada 2 yang mendapat beasiswa bidik misi (Beasiswa 8 semester dari Kemeristek Dikti) atas nama Nur Faizi Teknologi Produksi Ternak IPB dan Zakia Asna Pendidikan Biologi Unnes. “Semoga semua diambil,” harap Yun’am.

Senada, Suprahmiyati Guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 2 Wonosobo juga mengemukakan harapanya supaya yang sudah diterima dari jalur SNMPTN, SPAN PTKIN dan jalur khusus semuanya diambil. Karena menurutnya kalau tidak diambil akan berdampak pada adik kelasnya. “Nanti bisa diblacklist dari PTN atau PTAIN yang bersangkutan, kasian adik kelasnya karena kuota dikurangi atau dimoratorium sementara waktu, karena pengalaman beberapa tahun lalu ada,” ujarnya.

Suprahmiyati juga menambahkan bahwa jumlah 68 siswa masih akan bertambah. Mengingat ke depan masih ada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTAIN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam) dan Jalur Mandiri. Selain itu untuk siswa yang masuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta) juga biasanya banyak, terlebih ada beberapa kerjasama dengan PTS. “Ke depan pasti masih bisa bertambah, khususnya di PTS kita juga ada kerjasama, seperti dengan UNSIQ, UTY, UAD dan lainya” pungkasnya. Tr

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *