19
MEI
2018

MAN 2 Wonosobo Gelar Wisuda ke-50

Wonosobo – MAN 2 Wonosobo melangsungkan wisuda ke-50 tahun pelajaran 2017/2018 di Sasana Adipura Kencana Wonosobo pada Selasa (15/5/2018). Selain siswa, juga dihadiri oleh tamu undangan. Seperti Wakil Bupati Wonosobo, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Wonosobo, Komite, wali murid, Kades desa Krasak dan lainya.

Wisuda kali ini diikuti oleh 372 siswa dengan rincian Program Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 198 siswa, Ilmu-ilmu Sosial (IIS) 111 siswa dan Program Ilmu Keagamaan (IKA) 63 siswa. Mereka sudah dinyatakan lulus berdasarkan beberapa kriteria, bahkan ada beberapa yang sudah dinyatakan diterima diperguruan tinggi.

“Berdasarkan hasil rapat dewan guru dan berdasarkan kriteria kelulusan maka kami sampaikan hasil kelulusan untuk tahun pelajaran 2017/2018 presentase 100%. Alhamdulillah tidak ada satu pun yang tertinggal. Bahkan tahun ini jumlah tahun ini yang diterima di PTN dan PTAIN meningkat pesat,” papar Muslikh kepala MAN 2 Wonosobo.

Sebanyak 68 siswa diterima di PTN dan PTAIN melalui jalur tanpa tes, yakni SNMPTN, SPAN PTKIN dan jalur undangan. Menurutnya jumlah itu meningkat 100% lebih, karena untuk tahun pelajaran 2016/2017 hanya 26 saja yang diterima melalui jalur yang sama. “Semoga ke depan semakin meningkat,” harapanya.

Muslikh juga tidak lupa mengucapkan selamat mendoakan kepada wisudawan dan wisuda MAN 2 Wonosobo supaya nanti ilmunya bermanfaat dan barokah. Selain itu juga berpesan supaya di manapun alumni MAN 2 Wonosobo harus mampu menjaga almamater. Tak lupa pula kepala madrasah asal Purbalingga tersebut  juga mendoakan agar kelak menjadi anak yang sholih dan sholihah.

Selain Muslikh, Kakan Kemenag Kabupaten Wonosobo M.Thobiq juga mengucakpan selamat kepada wisudawan dan wisudawati. “Alhamdulillah dan selamat untuk kalian, apa yang sudah didapat semoga bisa disemai di masyarakat sehingga kalian menjadi anak yang shalih dan shalihah,” membuka pidatonya dalam acara tersebut.

Thobiq juga mengapresiasi pencapaian MAN 2 Wonosobo yang mampu mencatatkan prestasi dengan diterimanya 68 siswa di PTN dan PTAIN. “Alhamdulillah dapat aplous juga dari kakanwil,” ujarnya. Diharapkan bagi yang lain juga bisa melanjutkan seperti yang diikhtiarkan.”Yang lanjut kuliah semoga lancar dan yang nyantri juga semoga lancar, berkah, manfaat ilmunya dan menjadi khafidz dan khafidzoh,” doanya sontak diamini oleh 850 hadirin gedung Adipura.

Tak lupa Thobiq juga berharap supaya alumni MAN 2 Wonosobo menjadi anak yang berbakti kepada orangtua, agama dan negara. Karena menurutnya siswa madrasah sudah dibekali tiga kelebihan, yaitu sains, pendidikan vokasional dan ilmu agama. Hal itu mampu menjadi modal untuk bermasyarakat dan ke depan menyongsong generasi Indonesi emas tahun 2045.

Di akhir sambutanya Kakan Kemenag asal Demak tersebut juga berdoa semoga lomba hasil visitasi lomba perpustakaan tingkat provinsi Jawa Tengah yang sedang menunggu pengumuman, MAN 2 Wonosobo juara 1. Akan menjadi sejarah madrasah bisa mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional menyisihkan SMA dan SMK. Ini akan menjadi fenomena yang luar biasa dan akan menjadi madrasah rujukan. “Insya Allah,” Thobiq menutup doanya.

Tak ketinggalan juga Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo memberi apresiasinya. Menurutnya MAN 2 Wonosobo luar biasa dan banyak alumninya yang mewarnai khususnya di kabupaten Wonosobo. “Selamat untuk kalian semua, kalian harus bersyukur menjadi siswa MAN 2 Wonosobo. Sekarang saja bupatinya alumni MAN 2, semoga kalian juga ada yang jadi presiden, gubernur, bupati, wakil bupati, dokter, dosen dan orang hebat lainya Amin,” ujarnya pada kesempatan pidatonya.

Pada acara wisuda kali ini ada pemberian penghargaan kepada 2 siswi hafidzoh 30 juz atas nama Dini Khairunnisa (MIA) dan Santi Suberkah (IKA). Selain itu juga pemberian penghargaan untuk siswa yang memperoleh nilai UN tertinggi di masing-masing jurusan. Mereka adalah Nurul Hidayah jjurusan MIA, Aif Munafiroh jurusan IIS dan Jami’atun jurusan IKA. Tak ketinggalan pemberian penghargaan untuk beberapa siswa yang berprestasi, yaitu siswa yang tak pernah absen selama tiga tahun menjadi siswa MAN 2 Wonosobo.

Wisuda kali ini berakhir pukul 12.00 WIB yang ditandai dengan pembacaan do’a oleh KH. Zaenal Arif. Namun selepas acara tersebut masih ada pentas seni dari siswa yang cukup meriah hingga pukul 14.00 WIB. Ada beberapa pementasan yang dilakukan, seperti tari, silat, musik bambu, band, karawitan dan lainya. tr

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *