05
JUN
2018

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat

Wonosobo – Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni diperingati dengan penuh antusias. Hal tersebut juga disebabkan dengan maraknya berbagai gerakan yang mengacam eksistensi dasar negara Indonesia ini. Hingga muncul surat edaran dari menteri sekretaris negara (Mensesneg) untuk melaksanakan upacara di seluruh instansi pemerintahan.

Tak terkecuali di MAN 2 Wonosobo, juga melaksanan intruksi tersebut (1/6/2018). Bertempat di halaman madrasah, upacara diikuti 600 peserta didik kelas X dan XI beserta guru dan karyawan. Dimulai pukul 07.30 WIB upacara pagi itu dipimpin langsung oleh kepala MAN 2 Wonosobo, Muslikh. Layaknya upacara seperti biasa, upacara pagi itu berlangsung cukup khikmad dan selesai pukul 08.30 WIB.

Dalam sambutanya, Muslikh membacakan pidato peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2018. Dalam sambutan yang dibacakan pertama Jokowi menyampaikan bahwa upacara ini adalah pertama kali dilaksanakan. Lalu berpesan untuk supaya Pancasila bisa dihayati dan diamalkan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena menurut Jokowi banyak negara-negara yang dilanda radikalisme, terorisme dan peperangan, sehingga bangsa Indonesia membutuhkan Pancasila.

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu mempertahankan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali kita bersatu untuk bangsa. Presiden RI ke-7 tersebut dalam akhir sambutanya juga mengajak persatuan dan persaudaraan bangsa. “Kita Pancasila, kita Indonesia. Saya Pancasila, anda Pancasila,” seru Jokowi dalam pidatonya yang dibacakan Muslikh.

Senada, setelah membacakan pidato presiden Muslikh juga menyampaikan pentingnya menjaga Pancasila. Karena dengan Pancasila terbukti mampu hidup berdampingan pada sebuah negara yang plural (heterogen). Pancasila dasar negara yang sudah final, yang sesuai dengan bangsa Indonesia. “Semoga di Hari Kesaktian Pancasila negara kita semakin diberkahi oleh Allah SWT,” pungkasnya. tr

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *