21
AGU
2018

Per-erat Hubungan Masyarakat, MAN 2 Sebar Qurban

Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha 1439 H, MAN 2 Wonosobo membagikan hewan qurban kepada masyarakat lingkungan MAN 2 Wonosobo. 19 ekor kambing qurban dibagikan pada hari itu. Kepala MAN 2 Wonosobo secara langsung mengawali pemberian kambing qurban kepada masyarakat siang itu.
Pembagian kambing qurban diawali dengan apel siang yang diikuti oleh guru, siswa, beserta perwakilan masyarakat penerima hewan qurban. Siswa menyaksikan pembagian kambing tersebut agar mengetahui bahwa hewan qurban benar-benar diserahkan kepada masyarakat lingkungan MAN 2 Wonosobo.
Kambing qurban yang dibagikan bersumber dari sejumlah dana yang dihimpun dari seluruh warga MAN, baik peserta didik, guru, beserta karyawan. Dari sejumlah dana yang terkumpul dibelikan hewan qurban berupa 19 ekor kambing. 17 ekor kambing diserahkan kepada masyarakat yang berada di lingkungan MAN 2 Wonosobo. 2 ekor sisanya diberikan kepada pengurus OSIS MAN 2 Wonosobo untuk dilaksakan pelatihan pemotongan hewan qurban.
Agenda penyerahan kambing qurban sudah menjadi rutinitas MAN 2 Wonosobo setiap tahunnya. Alhamdulillah, setiap tahun jumlah hewan qurban yang dibagikan selalu bertambah, seiring dengan bertambahnya jumlah siswa MAN 2 Wonosobo dari tahun ke tahun.
Agenda tersebut mempunyai banyak manfaat disamping sebagai media sosialisasi MAN Kalibeber di lingkungan sekitar, dengan adanya penyerahan hewan qurban, seluruh warga MAN 2 Wonosobo melatih keikhlasan, kebersamaan, serta menumbuhkan jiwa peduli dalam masyarakat.
Kepala MAN 2 Wonosobo, Musklih mengatakan, “Dengan adanya pembagian hewan qurban ini, semoga peserta didik dapat berlatih untuk melaksanakan ibadah qurban sedari dini. Meskipun sekarang masih berlatih untuk urban, diharapkan ketika sudah dewasa siswa MAN 2 Wonosobo secara mandiri dapat melaksanakan qurban di masyarakat.”
“Hewan qurban yang dibagikan, semoga dapat bermanfaat kepada masyarakat. Meskipun jumlahnya tidak begitu banyak, setidaknya hewan qurban tersebut dapat memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Adha di desa-desa penerima hewan qurban.” Tutur Muslikh.
Muslikh juga menegaskan, “Dengan pembagian hewan qurban, semoga silaturahmi MAN 2 Wonosobo dengan masyarakat sekitar menjadi lebih terjalin dan MAN Wonosobo menjadi maju.”
Senada dengan Muslikh, Taat selaku panitia qurban menyampaikan, “Panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada segenap pihak baik guru, karyawan, beserta peserta didik atas partisipasinya. Sehingga kegiatan tersebut dapat terrealisasi.”
Taat juga menambahkan, “Alhamdulillah pada tahun ini jumlah hewan qurban yang dibagikan kepada masyarakat lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 15 ekor. Hewan qurban telah didistribusikan ke daerah sekitar MAN 2 Wonosobo seperti Desa Krasak, Kalibeber, Manggisan, dan beberapa desa lainnya. Semoga hewan qurban tersebut bermanfaat bagi masyarakat.”
Seorang penerima hewan qurban mengatakan, “Kami sangat berterima kasih terhadap MAN 2 Wonosobo. Semoga kegiatan tersebut dapat terlaksana tiap tahun dengan jumlah hewan dan penerima yang semakin bertambah. Teriring doa semoga MAN 2 Wonosobo menjadi lebih maju.”
Banyak pembelajaran yang dapat dipetik dari pelaksanaan penyerahan hewan qurban tersebut terutama bagi peserta didik. Berawal dari qurban bersama-sama di lingkungan madrasah, nantinya peserta didik akan lebih siap ketika qurban di masyarakat. Sehingga tumbuhlah jiwa kepedulian, keikhlasan dan sosial pada diri peserta didik. Kegiatan tersebut merupakan bentuk latihan kepedulian terhadap lingkungan madrasah. Peserta didik diharapkan dapat mengambil hikmah dari acara tersebut. []
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *