31
AGU
2018

Hidupkan Budaya Menulis, MAN 2 Maksimalkan Ekstra Jurnalistik

Menulis merupakan hal sulit bagi kalangan pelajar. Minat pelajar untuk menulis amatlah minim. Dibutuhkan niat serta kemauan yang kuat untuk dapat melakukan kegiatan penulisan. Penulisan nantinya akan menghasilkan sebuah karya tulis. Baik dalam bentuk laporan kegiatan, artikel, opini, hingga tulisan sastra seperti puisi maupun cerpen.
Tulisan mempunyai banyak makna dalam kehidupan. Selain sebagai sumber informasi, tulisan dapat mejadi rekam jejak sejarah yang terjadi pada masa tersebut. Tulisan yang baik memberikan banyak manfaat kepada manusia, mulai masa kini, hingga masa depan. Banyak sekali hal yang dapat dimanfaatkan dari sebuah penulisan.
Dikarenakan banyaknya manfaat penulisan, MAN 2 Wonosobo mengadakan ekstra kurikuler jurnalistik. Dengan ekstra tersebut, diharapkan dapat memberi wadah bagi peserta didik untuk belajar menulis. Meskipun menulis bukanlah hal yang mudah, namun dalam ekstra jurnalistik akan diberi berbagai pembelajaran terkait dengan tata cara penulisan.
Ekstra Jurnalistik di MAN 2 Wonosobo tergolong masih muda, baru berumur satu tahun dan belum membuahkan banyak karya. Masih banyak sekali perjuangan yang harus dilakukan bersama agar dapat menghidupkan budaya menulis di kalangan siswa MAN 2 Wonosobo.
Untuk dapat menulis, seorang peserta didik haruslah banyak membaca. Nonsens, seorang dapat menulis tanpa membaca. Di MAN 2 Wonosobo telah memiliki perpustakaan yang sudah representatif dan telah maenjadi perpustakaan yang yang layak di tingkat nasional. Oleh karena itu dengan dukungan buku bacaan yang sudah banyak di MAN 2 Wonosobo, diharapkan peserta didik dapat memiliki kemampuan menulis yang baik.
Dengan adanya ekstrakurikuler tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan budaya menulis di kalangan siswa. Diharapkan juga akan banyak produk penulisan yang diterbitkan oleh ekstra jurnalistik MAN 2 Wonosobo. []
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *