31
AGU
2018

Melanjutkan Sanjay, Mahasin Terpilih sebagai Ketua MPK

MAN 2 Wonosobo – Ketua MPK periode 2017/2018 Sanjay Adina Dewantara telah mengakhiri masa jabatannya sebagai ketua MPK seusai pelaksanaan Mukilas pada Kamis (30/08). Telah terpilih juga, Mahasin Nazih Imdad sebagai ketua MPK yang baru untuk masa jabatan 2018/2019.
Majlis Permusyawarahan Kelas (MPK) masa jabatan 2017/2018 tutup tugas dengan selesainya pelaksanaan Musyawarah Perwakilan Kelas (Mukilas). Mukilas yang dilaksanakan di Masjid Umar bin Khattab MAN 2 Wonosobo penuh dengan antusias warga MAN.
Mukilas dilaksanakan sehari penuh dan dihadiri 153 peserta dari berbagai organisasi di lingkungan MAN 2 Wonosobo. Peserta Mukilas terdiri dari pengurus Harian MPK, OSIMADA, dan perwakilan tiap kelas. Perwakilan dari dari Dewan Ambalan, Patroli Keamanan Sekolah dan PMR juga turut hadir dalam acara tersebut. Didampingi waka kesiswaan dan pembina OSIMADA, mukilas berjalan lancar dan tertib sampai acara selesai.
Mukilas merupakan agenda pertanggung jawaban pengurus OSIS kepada siswa MAN 2 Wonosobo. Muslikh selaku kepala MAN 2 Wonosobo mengatakan, “Acara ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, karena kegiatan ini merupakan ajang bagi siswa untuk berlatih bermusyawarah. Diharapkan dengan acara ini, peserta didik menjadi lebih santun dan belajar pendidikan politik dan demokrasi dengan benar.”
Menjadi ajang pembelajaran demokrasi bagi siswa, dalam acara tersebut siswa dapat menyampaikan aspirasinya mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh MPK dan OSIMADA dalam setahun ini. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, kritik, dan saran untuk kegiatan OSIMADA dalam setahun ke depan.
Ryan, salah seorang peserta Mukilas menuturkan, “Dengan adanya mukilas, saya dapat menyampaikan pendapat saya kepada MPK maupun OSIMADA, salah satu pendapat saya agar OSIMADA memberikan lebih banyak lagi kegiatan keagamaan mengingat kita merupakan siswa madrasah dengan pembelajaran agama jauh lebih banyak dibanding sekolah pada umumnya.”
Berbagai kritik dan saran juga telah dimusyawarahkan bersama demi kebaikan MPK dan OSIMADA ke depannya.
Selesai pelaksanaan pertanggungjawaban oleh MPK dan OSIMADA, dilaksanakan pemilihan pengurus harian MPK yang baru. Terpilihlah Mahasin Nazih Imdad sebagai ketua MPK periode 2018/2019 dan Imron sebagai wakil ketuanya. Dengan terpilihnya Mahasin, secara otomatis pengurus MPK periode 2017/2018 menjadi demisioner. Demikian juga pengurus OSIMADA periode 2017/2018 juga telah ditetapkan menjadi demisioner pada hari itu juga. Pendemisioner dilakukan oleh Fatah Yasin selaku Pembina OSIMADA MAN 2 Wonosobo.
Sanjay Adina Dewantara, ketua MPK periode 2017/2018 memberikan kesan, “Mukilas membuat saya bangga menjadi siswa MAN 2 Wonosobo. Dengan adanya Mukilas, siswa mendapatkan pendidikan politik yang sangat bermanfaat di masa yang akan datang.”
“Sebagai demisioner Ketua MPK, saya sangat terkesan karena dapat membhaktikan diri kepada madrasah tercinta demi kemajuan MAN 2 Wonosobo”, tandas Sanjay.
Hal tersebut direspon positif oleh Mahasin, “Kami akan berusaha menjadi pemimpin yang amanah demi kemajuan MAN 2 Wonosobo. Terutama dalam kegiatan sosial, kami juga akan lebih berpartisipatif.”
Selanjutnya pengurus MPK baru akan mengadakan agenda besar yaitu pemilihan Ketua OSIS MAN 2 Wonosobo periode 2018/2019. Diharapkan pengurus MPK maupun OSIMADA yang baru dapat melakukan kegiatan dengan baik. Sehingga dapat membawa nama MAN 2 Wonosobo yang lebih baik dimata masyarakat. [Kholifatu Rosyada dkk]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *