02
SEP
2018

Pelancap – Berharap Tingkatkan Kualitas Gerakan Pramuka

Malam dingin tidak menyurutkan semangat peserta didik MAN 2 Wonosobo untuk melaksanakan Pelantikan Calon Anggota Penegak (Pelancap). Salah satu rangkaian acara Pelancap pada malam itu adalah upacara api unggun. Api unggun yang diawali pembacaan Dasa Dharma Pramuka satu persatu tentunya sudah tidak asing lagi bagi semua orang yang pernah melaksakan kegiatan pramuka di sekolah. Karena api unggun merupakan salah satu agenda yang tidak bisa lepas dalam kegiatan pramuka. Menyalakan api unggun tersebut juga bermakna untuk selalu menyalakan Dasa Dharma bagi seorang pramuka.
Setelah api menyala dilanjutkan sambutan dari sesepuh api dharma. Dwi Rahayu yang menjadi berkempatan menjadi sesepuh api dharma pada acara tersebut menyampaikan, “Upacara api unggun ini merupakan bagian dari kegiatan pelancap MAN 2 Wonosobo ini, berawal dari kegiatan pelancap ini, mari kita tingkatkan kualitas Gerakan Pramuka Indonesia.”
Dalam sambutannya, Dwi Rahayu menjelaskan bahwa seorang pramuka harus disiplin dalam bertindak. Tri Satya dan Dasa Dharma harus diamalkan dengan baik, tidak hanya sekedar dihafalkan saja. Dengan pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma yang benar, seorang pramuka sejati dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat dimanapun berada.
Dengan meningkatnya kualitas gerakan pramuka, diharapkan pramuka mampu menjadi teladan dan kedisiplinan dalam bertindak. Karakter-karakter yang didapatkan dari gerakan pramuka semoga menjadi manfaat bagi kehidupan yang akan datang.
Banyak sekali manfaat dari gerakan pramuka, pramuka diajarkan peserta didik mampu melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma. Dengan pemahaman dan pengamalan Tri satya dan Dasa Dharma, gerakan pramuka dapat menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat.
“Dengan kegiatan pramuka ini, mari kita tingkatkan kedisiplinan. Kegiatan pramuka harus lebih baik, lebih solid dan berbobot,” tandas Dwi Rahayu.
Usai upacara api unggun, dilaksanakan pentas seni sebagai ajang kreatifitas bagi peserta didik. Serangkaian kegiatan Pelancap juga masih berlanjut hingga esok pagi mulai kegiatan jalan malam dan renungan hingga penutupan yang akan dilaksanakan pada Minggu Pagi (o2/09).
Pelancap merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. Kegiatan yang merupakan adat ambalan MAN 2 Wonosobo tersebut sudah dilaksanakan bertahun-tahun. Pelancap wajib bagi peserta didik kelas X. Pelancap juga merupakan adat ambalan MAN 2 Wonosobo yang bernama Iskandar Zulkarnain dan Laela Al-Kholifah.
Pelancap menjadi gerbang bagi seorang penggalang (pramuka di tingkat SMP/MTs) menuju ke Penegak (Pramuka di tingkat SMA/MA). Setelah melaksanakan pelancap, secara otomatis peserta didik kelas X telah resmi menjadi anggota penegak.
Usai kegiatan Pelancap, peserta didik kelas X telah resmi sebagai Pramuka Penegak di Ambalan Iskandar Zulkarnain dan Laela Al-Kholifah MAN 2 Wonosobo. Dengan kegiatan pelancap tersebut, diharapkan Gerakan Pramuka semakin berkualitas. Kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik meningkat dan terbentuk karakter-karakter pramuka yang berlandaskan pada Pancasila, Tri Satya dan Dasa Dharma. [AB_Dn 27]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *