03
SEP
2018

Dari Perpustakaan Kecil, hingga Maju Tingkat Nasional

WONOSOBO – Rabu 5 September 2018 kepala perpustakaan Baitul Hikmah Yusuf Handayono siap mempresentasikan keunggulan yang dimiliki Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo di tingkat nasional. Menghadapi 10 kontingen perpustakaan terbaik ditingkat nasional, dia terbang ke Jakarta bersama 5 pustakawan muda, 3 penari ,dan 2 karyawan teknisi lainnya, tanggal 5 September 2018. Beberapa kontestan lain diantaranya SMA Gersik , SMA 2 Bantul dan lainnya
Dengan memiliki lebih dari 11 ribu judul buku, gazebo baca, dokar pustaka, perpustakaan digital, ruang audio visual, panggung rekreasi, dan cafe library menjadi senjata dalam menghadapi persaingan sengit lomba perpustakaan tingkat nasional. Selain itu ada berbagai program menarik lainya, seperti lomba perpustakaan inspiratif, perpustakaan kelas, dan lainya.
Dalam mempersiapkan loma ini guru, karyawan, pustakawan muda dan siswa siswi MAN 2 WONOSOBO bersama-sama mempersiapkanya. Hingga para guru rela bekerja dari pagi sampai larut malam. “Semua itu dilakukan untuk hasil terbaik yang mampu diperoleh madrasah kita,” tutur Yusuf Hadiyono selaku kepala perpustakaan Baitul Hikmah.
Yusuf Hadiyono juga bercerita tentang bedirinya perpustakaan yang hampir 50 tahun lamanya. Berawal dari perpustakaan kelas, yang hanya memiliki beberapa buku, hingga selang beberapa tahun, MAN 2 Wonosobo mendapat donasi membangun perpustakaan. “Layaknya maskot perpustakaan “Faras” yang artinya kupu-kupu. perpustakaan Baitul Hikmah mampu bermetamorfosis dari sesuatu yang kecil menjadi sesuatu yang besar dan bermanfaat,” ujarnya bercerita.
“Perpustakaan Baitul Hikmah adalah perpustakaan milik kita bersama. Jadi siapapun boleh memanfaatkannya. Kami melayani pengunjung dari jam 7 pagi hingga 3 sore setiap harinya. Khusus hari minggu kita buka sampai malam. ” tambahnya.
Dengan visi mencerdaskan para generasi bangsa, terutama para generasi dari Wonosobo sendiri. Melalui buku-buku bacaan yang perpustakaan miliki, diharapkan para peserta didik madrasah maupun dari luar madrasah dapat menambah pengetahuan mereka. Sehingga kedepannya Wonosobo menjadi lebih baik lagi. Memiliki generasi yang berpendidikan.
Perpustakaan Baitul Hikmah berencana akan membangun perpustakaan yang lebih besar, fasilitis lebih lengakap dan ruang yang nyaman baik indoor maupun outdoor layaknya mall. Sehingga mampu menampung para pengunjung lebih banyak lagi. Mengingat luas tanah yang dimiliki madrasah cukup luas. [Safitria, Ekha, dkk]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *