07
SEP
2018

Membawa Nama Madrasah, Perpustakaan MAN 2 Wonosobo Juara 2 Nasional

Menjadi prestasi yang membanggakan pada tahun ini, Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo mendapatkan juara 2 dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat  Nasional. Perlombaan yang dilaksanakan di Hotel Grand Orchadz Jakarta tersebut benar-benar membuahkan hasil terbaik bagi Perpustakaan Baitul Hikmah. Menjadi satu-satunya peserta dari madrasah, menjadikan Perpustakaan Baitul Hikmah berusaha menjadi yang terbaik di depan dewan juri agar mendapatkan nilai maksimal.
Terpilih mewakili Jawa Tengah, Perpustakaan Baitul Hikmah lolos pada tahap visitasi. 15 perpustakaan terbaik dari tiap-tiap provinsi di Indonesia yang lolos tahap visitasi melaksanakan presentasi di Hotel Grand Orchadz pada tanggal 4 – 5 September 2018 untuk menentukan perpustakaan terbaik. Berasal dari pedesaan di bawah dataran tinggi Dieng mengobarkan semangat Yusuf Hadiyono (Kepala Perpustakaan Baitul Hikmah) untuk memberikan penampilan terbaik dalam presentasi tersebut.
15 perpustakaan telah selesai melaksanakan presentasi, telah tiba saatnya bagi dewan juri untuk mengumumkan hasil perlombaan. Dewan juri memutuskan juara 1 diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta (SMAN Wonosari), Juara 2 dari Provinsi Jawa Tengah (MAN 2 Wonosobo) dan Juara 3 diraih Provinsi Riau (SMA Cendana Pekanbaru). Menjadi prestasi membanggakan bagi MAN 2 Wonosobo atas diraihnya juara pada ajang  tingkat nasional tersebut.
Menjadi perjuangan yang tidak mudah bagi Perpustakaan Baitul Hikmah untuk dapat meraih prestasi tersebut. Berawal dari juara tingkat Kabupaten, Perpustakaan Baitul Hikmah melakukan pembenahan hingga menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Menjadi wakil dari Jawa Tengah, Perpustakaan Baitul Hikmah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik dan layak bertanding di tingkat nasional.
Berawal dari sebuah perpustakaan sempit yang terkesan seperti gudang buku, Perpustakaan Baitul Hikmah melakukan pembenahan. Sedikit demi sedikit tangan dingin Yusuf Hadiyono menjadikan Perpustakaan Baitul Hikmah menjadi perpustakaan representatif dengan fasilitas lengkap. Desain warna ruangan yang warna-warni menjadikan Perpustakaan Baitul Hikmah tampak menarik dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di perpustakaan.
Hal menarik yang jarang dimiliki perpustakaan lainnya, Perpustakaan Baitul Hikmah memiliki tangga literasi yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua. Tiap-tiap anak tangga berisi tulisan yang membangkitkan semangat sebagai sumber inspirasi. 22 kata inspirasi tertulis di tangga literasi membuat siapapun yang melangkah disitu mampu membangkitkan semangat.
Dengan diraihnya prestasi tersebut, civitas akademika MAN 2 Wonosobo menjadi lebih semangat dalam membaca. Diharapkan Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo dapat menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo dan sekitarnya. Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo juga semoga menjadi contoh bagi perpustakaan yang lain agar lebih maju dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. []
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *