08
SEP
2018

Diwarnai Hujan, Pelancap Berlangsung Khidmat

Wonosobo – Pramuka Ambalan Zulfa MAN 2 Wonosobo mengadakan Pelancap (Pelantikan Calon Penegak) pada Sabtu dan Minggu (1,2/9/18). Diikuti peserta didik kelas X pelancap tersebut berlangsung hikmat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kepramukaan, khususnya ditingkat penegak dan ambalan. Selain itu, sebagai salah satu syarat masuknya anggota penggalang ke penegak.
Kegiatan yang ini sebenarnya memerlukan waktu yang cukup panjang, tetapi menurut Nisa salaku pemangku adat putri ambalan Zulfa pelancap kali ini tak menuai banyak hambatan. “kegiatan berjalan dengan lancar hingga akhir acara. Dari pembukaan sampai selesai hari minggu berjalan lancar,” ujarnya.
Diawali pembukaan dengan penancapan pusaka adat oleh pemangku adat yang dilanjutkan penyematan tanda peserta pelancap. Dilanjutkan sosialisasi oleh pecinta satwa Wonosobo (Kopes) hingga menjelang magrib. Pada malam harinya dilanjutkan acara api unggun yang diikuti oleh seluruh peserta termasuk calon dewan ambalan, dewan ambalan, pembina dan calon peserta lainya.
Setelah api mulai padam, sekitar pukul 20.30 WIB dimulai pentas seni oleh peserta kelas X, mahasiswa PPL dan dari beberapa ekstra di civitas MAN 2 Wonosobo. Kegiatan berlangsung cukup meriah seakan semua peserta larut dalam keceriaan. Terlebih saat band The Minions tampil semua bersorak bak jumpa dengan idolanya. Kemeriahan itu ditutup pukul 23.00 untuk memberi jeda semua peserta istirahat.
Setelah dirasa istirahat cukup, seluruh peserta dibangunkan dini hari. Mereka untuk mengikuti di masjid Umar bin Khattab MAN 2 Wonosobo. Kegiatan dipindah di masjid karena saat itu terjadi hujan. “Awalnya kita mengagendakan untuk kegiatan di luar, tapi karena hujan alternatifnya di masjid. Tapi tetap tak mengurangu hikmatnya acara tersebut, bahkan dalam acara renungan banyak yang menitikan air mata,” tutur Nisa lagi.
Pada akhir acara tersebut dilaksanakan acara pembaretan untuk calon penegak oleh para pembina. Prosesi ini selesai sampai pukul 04,00 WIB. Setelahnya peserta menunggu waktu sebentar untuk datangnya waktu shubuh dan melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid yang sama. Semua peserta juga terlihat khusyuk dalam mengikuti shalat shubuh tersebut.
Jamaah selesai, peserta bersiap di halaman madrasah untuk mengikuti senam. Kemudian mereka bersih-bersih dan sarapan hingga pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan acara penutupan yang diikuti seluruh peserta, dewan ambalan dan pembina. Dalam acara penutupan ini ada hal yang menarik, yaitu pelepasan ribuan balon gas dari para peserta. Kegiatan ini sempat viral karena banyak yang mengunggah di media sosial dan kegiatan ini menjadi akhir dari agenda pelancap tahun ini.
Banyak harapan yang muncul seusainya acara ini. Salah satunya dari Dwi Rahayu selaku pembina pramuka MAN 2 Wonosobo. Dia berharap ke depan calon penegak ambalan mampu melanjutkan perjuangan pendahulunya yang mampu mengembangkan pramuka MAN 2 Wonosobo semakin baik. “Semoga calon penegak ambalan yang telah dilantik dapat meneruskan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang dan dapat mengembangkan bakat mereka sehingga pramuka yang ada di ambalan menjadi lebih maju dalam berkarya,” tuturnya saat menutup acara. [Intan, Fio dkk]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *