10
SEP
2018

Api Unggun dan Pensi yang Sarat Nilai

Mojotengah – Sabtu malam (2/9/18) MAN 2 Wonosobo melaksanakan pelancap. Memang sudah seminggu yang lalu acara itu berlangsung, tapi ada hal yang menarik lho dari kegiatan tersebut. Ya, ada upacara Api Unggun dan Pentas Seni (Pensi) dalam Pelancap kali ini. Setelah shalat Isya berjamaah, tepatnya pukul 19.30 upacara Api Unggun dan Pensi di mulai.
Betempat di halaman madrasah seluruh peserta Pelancap dan Calon Dewan mengikutinya dengan saksama. Pertama seluruh peserta diintruksikan untuk membuat lingkaran yang mengelilingi tumpukan kayu yang akan dibakar menjadi api unggun. Sebelum proses pengidupan api unggun terlebih dahulu dilakukan ikrar Dasa Dharma dengan dipimpin Agil yang selanjutnya beserta 10 calon dewan menyalakan api.  Prosesi ini berlangsung sangat khidmat di tengah kobaran api yang membelah dinginya malam.
Setelah api mulai padam dan upacara selesai, dilanjutkan dengan  pensi dari peserta Pelancap dan mahasiswa PPL. Pensi tersebut berlangsung sangat meriah karena masing-masing kelompok wajib berpartisipasi. Ada yang menyanyi, komedi, puisi, dance, menari dan lain sebagainya. Kemeriahan ini berlangsung hingga pukul 23.00 WIB dengan ditandai penapilan group band The Minions MAN 2 Wonosobo.
Dalam kesempatan itu Dwi Rahayu selaku pembina menuturkan pentingnya acara tersebut. menurutnya Api Unggun dan Pentas seni memiliki manfaat yang sangat banyak khususnya untuk peserta didik kelas X. “Walaupun setiap tahun pasti ada tapi tetap saja memunculkan pengalaman yang berbeda. Karena setiap tahun selalu menampilkan hal yang baru. Ini bisa menstimulus kreatifitas anak,” tuturnya.
Dia juga berujar kalau kegiatan ini sebagai awal yang baik untuk menumbuhkan jiwa sosial. Karena acara ini syarat kebersamaan dan kerjasama. “Untuk kelas X khususnya sangat berguna untuk melatih jiwa sosial. Karena Pramuka tak lepas dari jiwa korsa yaitu jiwa sosial. Jadi pertama kali mereka diperkenalkan dengan kegiatan seperti ini harapanya jiwa soisal mereka semakin kuat,” ujarnya di sela acara malam tersebut.
Ardi salah satu peserta pelancap kelas X juga menyampaikan hal yang senada. Menurutnya kegiatan Api Unggun dan Pensi sangat menarik. Karena pramuka ternyata menyenangkan dan tak melulu masalah baris berbari. “Saya kenal pramuka itu dlu hanya sekedar baris-berbaris, tapi di sini saya tahu kalau pramuka itu menyenangkan tidak hanya masalah baris-berbaris saja,” papar peserta didik X MIA 5 ini. [Laila, Galang, Adun, Rizal dkk]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *