10
SEP
2018

Faras – Maskot Pustakawan Baitul Hikmah

Saat melewati lingkungan Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo, kita akan melihat banyak sekali lukisan kupu-kupu menghiasi dinding. Kupu-kupu tersebut bernama Faras. Faras merupakan maskot dari Perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo yang dijadikan sebagai simbol atau lambang pustakawan Perpustakaan Baitul Hikmah.
Faras berasal dari Bahasa Arab Faraasyatun yang berarti kupu-kupu. Pemberian nama tersebut merupakan hasil kerja sama antara pihak Perpustakaan Baitul Hikmah dengan komunitas Wonosobo Mengajar. Faras didesain oleh Nidzar dan Danur yang merupakan anggota dari Wonosobo Mengajar. Sedangkan lukisan faras di dinding merupakan karya dari Subandi dan pustakawan muda.
Faras dijadikan sebagai maskot Perpustakaan Baitul Hikmah setelah melalui pembahasan oleh pustakawan Baitul Hikmah. Faras (kupu-kupu) dipilih karena dari segi estetika terlihat indah dipandang serta mudah dalam pembuatannya. Di sisi lain, kupu-kupu dinilai lebih familiar dikalangan pelajar, guru, dan masyarakat.
Meskipun Faras berarti kupu-kupu, namun dalam desain menggunakan tubuh seperti lebah. Lebah dipilih karena lebah merupakan dari Wonosobo Mengajar. Karenanya Faras selain sebagai simbol pustakawan, juga memberikan semangat bagi peserta didik untuk senantiasa belajar.
Didesainnya Faras di dinding perpustakaan memberikan keindahan, kenyamanan, sekaligus tempat bermain yang menyenangkan agar pengunjung perpustakaan menjadi lebih betah. Faras juga menjadi spot foto yang cukup dikagumi peserta didik.
Perpustakaan Baitul Hikmah sebagai perpustakaan transformatif, yang berarti perubahan dari konsep zaman old menjadi perpustakaan konsep zaman now tentu telah mengalami perubahan. Diawali dengan juara tingkat kabupaten, hingga juara 2 di tingkat nasional, banyak perubahan yang terjadi dari adanya lomba tersebut. Ruang perpustakaan semakin luas, sarana dan prasarana semakin lengkap, bertambahnya koleksi buku, serta adanya cafe library. Tentunya hal tersebut menjadi nilai lebih bagi Peprustakaan Baitul Hikmah untuk meningkatkan minat baca civitas akademika MAN 2 Wonosobo. Adanya Faras diharapkan membawa perubahan yang positif bagi Perpustakaan Baitul Hikmah. [Rifa Yulistia, dkk]
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *