16
SEP
2018

World Cleanup Day, MAN 2 Wonosobo Bersih-Bersih Massal

Sabtu (15/09) MAN 2 Wonosobo melaksanakan bersih-bersih massal. Bersih-bersih massal tersebut dilaksanakan dalam rangka World Cleanup Day (WCD). WCD merupakan sebuah gerakan bersih-bersih yang dilaksanakan secara serentak dalam satu waktu bersamaan di seluruh dunia pada 15 September 2018. Kegiatan tersebut diikuti 150 negara dengan melibatkan sekitar 380 juta penduduk atau 5 persen populasi dunia.
World Cleanup Day diinisiasi oleh Lets Do It World (www.letsdoitworld.org) di Estonia pada 2008. Indonesia turut bergabung dengan 150 negara lainnya untuk melakukan aksi clean up terbesar di dunia tersebut. MAN 2 Wonosobo menjadi salah satu lembaga pendidikan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Kegiatan tersebut diawali apel pagi serentak seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo. Dalam kesempatan tersebut, Muslikh kepala MAN 2 Wonosobo menghibau agar seluruh peserta didik dapat melaksanakan kegiatan World Cleanup Day dengan baik sehingga lingkungan madrasah menjadi lebih bersih dan sehat.
Usai apel pagi, seluruh peserta didik kembali ke kelas untuk melaksanakan bersih-bersih ruangan kelas dipandu oleh wali kelas. Tidak hanya di kelas saja, bersih-bersih juga dilakukan sampai ke seluruh lingkungan madrasah. Daerah sekitar madrasah yang jarang sekali dibersihkan seperti belakangan ruang kelas hingga jalan depan madrasah juga dibersihkan bersama-sama pada hari itu.
Seluruh peserta didik berpartisi aktif dalam kegiatan tersebut. Bersama-sama guru dan karyawan, bersih-bersih dapat dilaksanakan dengan tertib merata ke seluruh lingkungan madrasah. Acara tersebut tidak berlangsung lama, pukul 09.00 seluruh peserta didik telah selesai melaksanakan bersih-bersih. Sampah-sampah telah dimasukkan ke dalam kantong plastik besar, kemudian dikumpulkan di depan lapangan upacara sebelum dibawa ke pembuangan sampah. Banyak sampah yang terkumpul pada kegiatan tersebut. Alhasil lingkungan madrasah menjadi bersih dan bebas dari sampah.
Kegiatan World Cleanup Day telah selesai dengan lancar. Dokumentasi berupa foto dan video telah dikirimkan kepada Core Team World Cleanup Day Jawa Tengah sebagai laporan kegiatan.
Dengan adanya acara tersebut, diharapkan dapat menjadikan peserta didik lebih sadar akan kebersihan, sehingga mewujudkan lingkungan madrasah yang lebih sehat. Kepedulian akan kebersihan lingkungan sangatlah penting karena lingkungan yang bersih akan membawa kita kepada lingkungan yang sehat. Di sisi lain, kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. []
Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *