08
JAN
2020

MAN 2 Wonosobo Makin Berprestasi

Wonosobo – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Wonosobo menggelar wisuda dan perpisahan kelas XII angkatan 51 tahun pelajaran 2018/2019 di GOR Drs. Poejihardjo (Kampus UNSIQ), Kamis (25/4/2019). Sebanyak 448 siswa yang terdiri dari siswa program Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 226 siswa, Ilmu-ilmu Sosial (IIS) 156 siswa dan Ilmu Keagamaan (IKA) 64 siswa di wisuda.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, M.Thobiq, tokoh masyarakat, jajaran guru dan pegawai MAN 2 Wonosobo, Komite sekolah dan ratusan wali murid. Acara semakin meriah dengan penampilan berbagai kesenian dari siswa-siswi MAN 2 Wonosobo, seperti rebana, tari, tek-tek, silat dan kesenian lainya.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan wisuda untuk anak-anak kami yang berjumlah 448 siswa. Mereka sudah dinyatakan lulus berdasarkan beberapa kriteria, bahkan ada beberapa yang sudah dinyatakan diterima diperguruan tinggi. Lebih membanggakan lagi, MAN 2 Wonosobo banyak mendapatkan nikmat yang harus disyukuri. Selain perpustakaan juara 2 Nasional tahun ini jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SPANPTKIN meningkat pesat,” ungkap Kepala MAN 2 Wonosobo, Muslikh.

Menurutnya, sebanyak 39 siswa diterima di PTN dan PTAIN melalui jalur tanpa tes, yakni SNMPTN, SPAN dan PTKIN. Khusus melalui jalur SNMPTN, tahun ini jumlahnya meningkat pesat 70% lebih. Pasalnya untuk tahun sebelumnya hanya 11 siswa yang diterima melalui jalur yang sama.

“Semoga untuk ke depan prestasi MAN 2 Wonosobo semakin meningkat,” harapnya.

Muslikh juga tidak lupa mengucapkan selamat dan mendoakan kepada wisudawan dan wisudawati MAN 2 Wonosobo supaya nanti ilmunya bisa bermanfaat dan barokah. Selain itu ia juga berpesan supaya di manapun alumni MAN 2 Wonosobo harus mampu menjaga almamater.

Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, M. Thobiq menyampaikan selamat kepada wisudawan-wisudawati. Ia mendoakan agar kelak para siswa-siswi menjadi anak yang sholih dan sholihah dan bisa berguna bagi orang tua, agama, bangsa dan negara. Ilmu yang didapat, lanjutnya, semoga bisa bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut, Thobiq juga mengapresiasi pencapaian MAN 2 Wonosobo yang mampu mencatatkan prestasi gemilang dengan juara perpustakaan tingkat nasional. Sehingga bisa membawa nama baik MAN 2 Wonosobo khususnya dan Wonosobo umumnya di kancah nasional. Dirinya juga berharapkan kepada para wisudawan dan wisudawati MAN 2 Wonosobo agar bisa melanjutkan pendisikan ke jenjang berikutnya.

“Yang lanjut kuliah semoga lancar dan yang nyantri juga semoga lancar, berkah, manfaat ilmunya dan menjadi khafidz dan khafidzoh. Para siswa madrasah ini sudah dibekali tiga kelebihan, yaitu sains, pendidikan vokasional dan ilmu agama, hal ini mampu menjadi modal untuk bermasyarakat dan menyongsong generasi Indonesia emas pada tahun 2045,” bebernya.

Senada, Ketua Komiten MAN 2 Wonosobo, KH. Zainal Arif berharap agar para siswa dan siswi MAN 2 Wonosobo harus bisa menjadi teladan di masyarakat. Menurutnya sekolah di madrasah itu berbeda dengan sekolah di umum, pasalnya di madrasah para siswa dibekali dengan ilmu agama dan budi pekerti yang luhur.

“Beruntung putra-putri bapak ibu sekalian bisa sekolah di MAN 2. Di MAN 2 mereka diajarkan juga budi pekerti yang akan sangat bermanfaat untuk kehidupan di masyarakat. Semoga yang lulus ilmunya barokah, Aamiin,” tutur Kyai asal Kalibeber tersebut diiringi ucapan amin oleh peserta acara.

Pada acara wisuda kali ini ada pemberian penghargaan kepada siswa dan siswi terbaik pada masing-masing jurusan. Yaitu kepada Erda Dwi Cahyadi (MIA), Muhammad Alif Fawazulfiros (IIS) dan Sugeng Hermanto (IKA). Selain itu diberikan juga penghargaan kepada siswa yang berhasil diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SPANPTKIN.

https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/man-2-wonosobo-makin-berprestasi

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *