Wonosobo – Sebanyak 63 siswa berprestasi MAN 2 Wonosobo menerima beasiswa. Beasiswa tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh kepala MAN 2, Prihantoro Achmad saat upacara bendera rutin, Senin (13/1/20) di kampus MAN 2 Wonosobo, Krasak, Mojotengah. Pemberian beasiswa tersebut diperuntukan pada siswa-siswi yang mendapatkan prestasi sepanjang semester gasal tahun pelajaran 2019/2020.
Mereka mendapat beasiswa yang berbeda-beda sesuai dengan prestasi yang diperolehnya. Rincianya 39 siswa mendapatkan beasiswa dari ranking paralel semester gasal dan 24 siswa karena mendapatkan prestasi dari prestasi akademik dan non akademik selama semester gasal. Mereka mendapatkan beasiswa mulai dari bebas Sumbangan Oprasional Sekolah (SOP) hingga tabungan.
Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Yun’am Arif menuturkan, bahwa beasiswa yang diberikan meliputi siswa peringkat 3 besar paralel dan prestasi yang didapat dari berbagai event kejuaraan. Dia menuturkan bahwa prestasi yang diperoleh dari bidang akademik seperti Kompetisi Sains Madrasah dan non akademik seperti olahraga dan seni. Khusus dari non akademik semester gasal ini siswa MAN 2 mampu mengukirkan banyak prestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Ada dari pencak silat, tilawah, penulisan artikel, sepak takraw, taekwondo dan lain sebagainya.
“Untuk beasiswa yang diperoleh berbeda-beda, ada yang bebas SOP hingga tabungan. Untuk peringkat paralel kelas reguler mendapatkan bebas SOP, mulai 2 bulan, 4 bulan hingga 6 bulan bagi peringkat 1-3. Kemudian untuk kelas beasiswa akademik, kelas olahraga dan siswa beasiswa non akademik mendapatkan tabungan 250 ribu, 300 ribu, hingga 350 bagi peringkat 1-3. Kemudian untuk peraih kejuaraan baik non akademik berlaku sama, bagi siswa reguler mendapatkan beasiswa bebas SOP, sedangkan siswa kelas beasiswa akademik, kelas olahraga dan siswa beasiswa non akademik mendapatkan tabungan,” ungkap Yun’am Arif yang juga guru Bahasa Inggris.
Setelah penyerahan beasiswa, kepala MAN 2 Wonosobo Prihantoro Achmad mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada mereka. Dia berharap reward yang diberikan oleh madrasah mampu menginspirasi dan memotivasi bagi siswa-siswi lainya, shingga mau belajar dan berusaha lebih serius lagi untuk meraihnya. Karena menurutnya berprestasi dapat diraik dengan usaha yang sungguh-sungguh.
“Semoga mampu menginspirasi bagi siswa lainya. Ingat untuk berprestasi butuh usaha lebih dari biasanya. Perlu ketekunan dalam belajar dan kerja keras untuk meraihnya. Tidak bisa prestasi diraih dengan usaha yang setengah hati. Untuk itu mulai saat ini semua siswa harus fokus belajar, belajar dan belajar,” tutur Prihantoro saat mengakhiri amanatnya pada saat upacara. []

Facebook Comments

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *