Zero Sampah di Madrasah

Dipublikasikan oleh taat rifani pada

Berawal dari didapuknya MAN 2 Wonosobo sebagai salah satu sekolah adiwiyata tingkat kabupaten tahun 2018, MAN 2 Wonosobo menjadi lebih aktif dalam kegiatan peduli lingkungan. Berbagai pembiasaan peduli lingkungan dilaksanakan civitas akademika MAN 2 Wonosobo guna mendukung program adiwiyata.

Salah satu program mendukung adiwiyata di MAN 2 Wonosobo adalah meminimalisir sampah di madrasah. Kegiatan tersebut diawali dengan deklarasi Zero Sampah pada Jum’at (21/2). Deklarasi tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen civitas akademika untuk senantiasa peduli terhdap lingkungan dan mengurangi sampah.

Deklarasi Zero Sampah diawali dengan kegiatan sehari tanpa kendaraan bermotor di madrasah. Seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo berangkat ke madrasah dengan jalan kaki dan beberapa menggunakan sepeda.

Prihantoro Achmad selaku kepala MAN 2 Wonosobo mengharuskan kepada seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo bersama-sama peduli dan menjaga lingkungan. Penandantanganan deklarasi Zero Sampah diawali oleh Kepala Madrasah dan dilanjutkan guru, karyawan, serta peserta didik MAN 2 Wonosobo.

Kegiatan peduli lingkungan di MAN 2 Wonosobo sudah dilaksanakan dalam banyak hal, diantaranya minimalisir sampah plastik di lingkungan madrasah. Madrasah mewajibkan seluruh civitas akademika membawa piring dan gelas sendiri setiap membeli makanan di kantin madrasah. Hal tersebut menjadikan kantin madrasah bebas dari sampah plastik.

Pemanfaatan barang bekas, hemat listrik dan air juga sudah dilaksanakan di MAN 2 Wonosobo. Sikap sadar akan kebersihan diharapakan dimiliki oleh seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo. Hal tersebut merupakan harapan dari deklarasi Zero Sampah di madrasah. [AB_Dn 27]

Facebook Comments
Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *