08
MAR
2018

PKS dan PASTI Gelar Latihan PBB dan Pengaturan Lalu Lintas

Mojotengah – PKS (Patroli Keamanan Sekolah) dan PASTI (Pasukan Inti) MAN Kalibeber selama satu minggu tanggal 8-13 Agustus 2016 melaksanakan latihan PBB serta gerakan dan teknik mengatur lalu lintas. Bertempat di lapangan upacara madrasah, Mereka dilatih oleh anggota PKS lama, yaitu kelas 12  dan follow up – nya akan didatangkan pelatih khusus dari POLRES Wonosobo. Kegiatan ini setiap harinya dimulai pukul 14.40 WIB setelah KBM berlangsung.

“Kegiatan tahunan ini diikuti oleh calon anggota PKS dan PASTI yang semuanya kelas X. Pada hari pertama, peserta di berikan pengarahan tentang PKS. Selain itu, diberikan materi tentang peraturan lalu lintas oleh anak kelas 12 selaku pelatih. Selanjutnya dari hari kedua sampai terakhir berturut-turut adalah latihan PBB dan cara pengaturan lalu lintas. Hal itu untuk menyingkat waktu dan juga mampu mendapatkan hasil yang maksimal kedepanya.” Cetus Euis salah satu pelatih dari kelas XII.

Menurutnya karena ini adalah program baru, yaitu baru dilaksanakan setahun yang lalu perlu selektif dan penuh kesungguhan. “Anggota PKS dan PASTI pada tahun lalu sebanyak 50 anggota. Seiring berjalannya waktu anggotanya berkurang menjadi sekitar 35 anak, yang meliputi kelas X dan XI. Saat ini, banyak siswa kelas X yang tertarik pada kegiatan ini. Buktinya, 35 anak menjadi calon anggota baru, tapi harus diseleksi.” Tambahnya di sela-sela latihan.

Seperti halnya Burhan selaku calon anggota baru. Dia tertarik mengikuti kegiatan ini, karena ia ingin bisa ikut berperan dalam setiap kegiatan madrasah. Selain itu, berdasarkan informasi dari pembina PKS, PKS tahun ini akan diikutkan pada hampir semua kegiatan madrasah. Selain itu juga ikut dalam pengaturan lalu lintas dan menurutnya itu yang sangat menarik.

Sebagai pembina, Ma’wal Adib berencana untuk membuat jalur perjalanan siswa. Jalur tersebut akan dibagi menjadi 2, yaitu jalur untuk pengendara sepeda motor dan jalur untuk pejalan kaki. Jalur tersebut dimulai dari simpangan Krasak sampai masjid dan ke arah kelas. Ia berharap, semoga ada anggaran dari sekolah untuk rencananya tersebut.

“Setelah acara ini selesai, diharapkan peserta PKS dan PASTI sudah memiliki modal. Paling tidak untuk peraturan baris berbaris dan peraturan lalu lintas. Sekiranya peserta siap, pihak sekolah baru akan mengundang pelatih dari POLRES setempat yang Insya Allah tanggal 22 Agustus. “ Ujar beliau yang juga sebagai pembina ekstra Kajian Kitab Kuning di MAN Kalibeber. (Ismi & Syal)

Facebook Comments

Leave a Reply

*

captcha *