Peringati Maulid Nabi SAW: MAN 2 Wonosobo Gelar “MAN 2 Bersholawat”

Wonosobo – MAN 2 Wonosobo memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang menarik adalah pengajian dan shalawat dengan tajuk “MAN 2 Bersholawat.” Dilaksanakan Rabu, 11 Oktober 2023, kegiatan ini mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Membangun Karakter Generasi Muda Yang Religius dan Moderat.”
Kegiatan dilaksanakan di GOR Al Muntaha MAN 2 Wonosobo, dari pukul 08.45 – 11.30 WIB. Kegiatan MAN 2 Bersholawat kali ini menjadi yang pertama. Pasalnya biasanya peringatan Maulid Nabi Saw hanya diisi kegiatan dan ceramah. Sehingga antusiasme siswa luar biasa. Tercatat 1391 siswa dari kelas X, XI, XII mengikuti kegiatan ini.
MAN 2 Bersholawat kali ini mengundang Kyai Pantun, K.H Imron Rosyadi dan Gus M. Chadlik Rafi. Mereka berkolaborasi dalam pembacaan maulid simtu duror yang juga dimeriahkan group rebana Nurussa’adah dari Desa Maron kecamatan Garung. Suasana luar biasa terlihat ketika seluruh siswa dan guru melantunkan shalawat secara bersama-sama.
Sebelum kegiatan MAN 2 Bersholawat, tepatnya Selasa tanggal 10 Oktober, dilaksanakan khataman Qur’an bersama dan Ziarah kubur. Ziarah kubur diikuti beberapa guru terpilih dan jaringa Remaja Masjid Umar bin Khattab (JRM). Disisi lain para siswa juga melakuakan khotmi kelas di masing-masing dari pukul 08.00-10.00 WIB.
Acara dibuka oleh sholawat dari Hadroh Nurus Sa’dah dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Sofiani. Setelah itu kepala sekolah MAN 2 Wonosobo, H. Sunaryo, S.Pd., M.M. menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa tema yang dibawakan sangat cocok sebagai pengingat pentingnya meneladani akhlak nabi Muhammad bagi generasi muda untuk menumbuhkan jiwa religius dan moderat. “Akhlak tertinggi adalah keteladanan.” Ucap bapak Sunaryo dalam sambutannya.
Kemudian K.H Imron Rosyadi menyampaikan ceramah tentang pentingnya memperbaiki akhlak supaya hidup kita bahagia. “walaupun hati kita tidak suci, jika kita mau beribadah dan mengamalkan akhlak nabi Muhammad, insyaallah kita akan selamat dunia akhirat.” Begitu beliau paparkan.
Acara ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keinginan belajar siswa siswi MAN 2 Wonosobo dalam cara meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Serta menambah keberkahan di hari kelahiran Rasulullah. [Khan]

Reporter: Khansa Hana Aqila X 6

Bagikan Postingan
admin@man2wonosobo.sch.id
admin@man2wonosobo.sch.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti Kami

Ikuti akun media sosial resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wonosobo

Recent Posts

Channel Youtube Kami

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit